Up Board, Bentuk Raspberry Pi Berotak Intel


Up Board

Pre-Order untuk Up Board telah dibuka. Up-Board adalah Single Board Computer yang bentuknya mirip dengan Raspberry Pi Model B+, dan Raspberry Pi 2 serta 3 Model B. Bedanya, Up-Board ini menggunakan chipset intel, bukan ARM.

Up Board menggunakan SoC (System on Chip) dari intel dengan prosesor Intel Atom x5-z8350 dan pengolah grafis Intel HD 400. Prosesor ini memiliki 4 inti (quad-core) dengan frekuensi 1,44 GHz hingga 1,92 GHz. Lebih besar jika dibandingkan Atom Z3735f yang digunakan pada Intel Compute Stick versi pertama.

Up Board dijual dengan beberapa versi, diantaranya dengan RAM sebesar 2GB atau 4GB, dan memori penyimpanan berupa eMMC sebesar 16GB atau 32GB. Seperti Raspberry Pi, Up Board juga memiliki 4 port USB 2.0, sebuah port Gigabit Ethernet dengan konektor RJ45, dan 40 pin GPIO (General Purpose Input/Output).

Up Board memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan Raspberry Pi, yaitu tersedianya pin untuk RTC battery atau baterai CMOS, tambahan pin untuk USB 2.0, power pin header, dan USB 3.0 OTG. Namun, dari beberapa kelebihan tersebut, ada satu port yang tidak ada di Up-Board jika dibandingkan dengan Raspberry Pi. Port ini adalah Minijack 3,5mm.


Raspberry Pi 2 Model B

Di Raspberry Pi Model B+ dan selanjutnya, konektor ini dapat digunakan sebagai output audio sekaligus output video yang bisa disambungkan ke TV CRT atau biasa disebut TV tabung dan perangkat lain yang mendukung. Jadi, untuk menghubungkan Up-Board ke monitor, hanya ada port HDMI dan DSI (Display Serial Interface). DSI ini telah digabung dengan port eDP.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi up-board.org. Up-Board telah dijual dengan pre-order di up-shop.org dengan harga mulai $99. Barang akan tersedia dan dikirim pada tanggal 29 April 2016.

SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post